nissan.co.id |
Model : Nissan March 1.2 XS A/T (K13)
Production Year : 2010-now
Price : IDR 143-168mills (2013, new) ; 120-140mills (2nd, vary by year)
Engine : HR12DE DOHC CVTC 76PS 103Nm
Dimension : 3780 x 1665 x 1525
Curb Weight : 945kg
Transmission : 4-speed A/T
Drivetrain : Front Engine-Front Wheel Drive (FF)
Wheel : 15 inch, N/A tire size
Suspension : McPherson Strut with Coil Spring (Front), Torsion Beam (Rear)
Safety : Crumple Zone, Single airbag (XS Only), ABS EBD BA, side impact door beam
Special Features : Climate Control A/C (XS Only)
Review
Nissan March merupakan jagoan Nissan di kelas small hatchback 1.200cc. Diluncurkan pada tahun 2010 untuk melawan Suzuki Splash yang lebih dulu meluncur. Kemudian disusul dengan Kia Picanto, Chevrolet Spark, Honda Brio, Mitsubishi Mirage, dan Toyota Etios Valco. Nissan March hadir dalam 3 tipe dan 2 transmisi : standar manual, standar automatic, dan XS automatic. Perbedaan antara standar dan XS terletak pada fitur dimana XS sudah dilengkapi dengan driver airbag dan AC digital. Selain 3 tipe itu juga ada edisi spesial March Nismo yang basicnya menggunakan March std manual yang dituning suspensinya. Tahun 2011 juga diluncurkan Autech sports version. Tampang Nissan March facelift sudah banyak terkuak di luar negeri, sepertinya tidak lama lagi akan ada facelift untuk March.
Exterior
Tampilan luar March akan sedikit mengingatkan kita pada Toyota Yaris, terutama pada bagian pilar C nya. Keduanya memang punya desain membulat, hanya saja March lebih feminim.... dan lebih "culun".... Apabila pengemudinya wanita mungkin masih terlihat pantas, tetapi apabila pengemudinya laki-laki dengan badan kekar... Akan jadi pemandangan yang kurang enak.... Untungnya masih tertolong dengan desain velg yang cukup sporty.... Mirip dengan milik Grand Livina.
Exterior Nissan March (nissan.co.id) |
Interior
Interior Nissan March bernuansa bulat, dan ini juga diikuti oleh saudara 1 platformnya, Nissan Juke. Entah apa yang ada di pikiran engineer Nissan dalam menciptakan kedua mobil ini..... It's quite a simple interior in March, beda dengan milik Juke yang sedikit ada kesan modern di head unit dan tombol-tombol ajaibnya.... Oh iya yang membedakan March XS dengan standar selain tombol AC, ornamen silver pada setir.... Enggak penting sih.... Tapi cukup membuat interiornya enak dilihat
Interior Nissan March, kental nuansa membulat (nissan.co.id) |
Behind The Wheel
Jujur saja, posisi mengemudi Nissan March sangatlah tidak cocok untuk pria.... Maksud saya disini adalah pria berpostur tubuh rata-rata (tinggi 170cm). Mengapa? Posisi gear levernya sangat rendah dibanding setirnya, sulit dijangkau oleh pria yang berpostur tinggi. Ketika anda sudah mengatur posisi jok yang enak, selalu ada yang tidak pas. Visibilitas ke depan cukup baik (tidak seperti Nissan SUV yang terhalang bonnet), namun tetap saja feel nya mobil ini lebar sekali...
Ok, langsung saja. March dipersenjatai mesin 3 silinder bertenaga 76PS dan torsi 103Nm, dipadu dengan transmisi Automatic 4 percepatan. Hasilnya? Seperti yang saya duga, performanya tidak berbicara banyak dibandingkan lawan-lawannya.... Untuk stop and go dalam kota mungkin mencukupi, namun tetap saja, anda harus menginjak gas agak dalam.... Dan ini dampaknya ke konsumsi BBM.... Jargon irit yang disandang March sepertinya hanya berlaku untuk tipe bertransmisi manual. Untuk transmisi matiknya biasa saja.... Tidak terlalu irit tapi juga tidak bisa dibilang boros... Jika dibandingkan rivalnya, Mitsubishi Mirage CVT, March lebih berat hampir 100kg, perbedaan bobot hampir 100kg dan March yang masih menggunakan 4-speed Auto mungkin yang menyebabkan penyaluran tenaga kurang baik.
Untuk handling masuk dalam taraf OK, berkat bodinya yang berat. Namun untuk kelincahan dan feedback setir, well, sama seperti tipikal mobil Nissan lainnya, sangat minim, sekali lagi akibat dari setir yang terlalu ringan. Handlingnya cukup baik, bantingannya juga tidak terlalu keras, cenderung ke lembut malah.
Ergonomika
Berkat desain dan dimensinya yang mirip Toyota Yaris, March boleh dibilang cukup lapang, legroom dan headroom di baris kedua cukup tersedia, bagasinya pun luas untuk ukuran small hatchback. Dibandingkan saudara 1 platformnya, Juke, ini sangat bertolak belakang.
Ergonomika
Berkat desain dan dimensinya yang mirip Toyota Yaris, March boleh dibilang cukup lapang, legroom dan headroom di baris kedua cukup tersedia, bagasinya pun luas untuk ukuran small hatchback. Dibandingkan saudara 1 platformnya, Juke, ini sangat bertolak belakang.
Pros
- Kenyamanan
- Kabin dan bagasi lapang
- Cukup stabil
- Setir ringan (mudah saat parkir)
- AC climate control
Cons
- Underpower (akibat body berat)
- Penyaluran tenaga kurang halus
- Build Quality
- Harga tinggi
- Setir ringan (minim feedback)
- Posisi mengemudi kurang nyaman (gear lever terlalu rendah)
Pendapat Pribadi
March adalah mobil yang cukup baik, dan hanya cocok untuk wanita. Untuk pria akan terlihat lucu memakai mobil ini. Selain itu baik posisi mengemudi dan fungsionalitasnya, juga lebih condong ke karakter wanita yang menyukai mobil kecil, simpel, punya ruang cukup untuk membawa belanjaan, dan ditambah lagi, desainnya.... Kebanyakan teman saya yang wanita menyukai March karena "lucu".... Sangat disayangkan harganya cukup tinggi...
Trivia
- Nissan March di luar negeri bernama Nissan Micra, dan March yang masuk ke Indonesia ini adalah generasi keempat (K13). Generasi ketiganya (K12) ada beberapa unit yang masuk ke Indonesia melalui jalur importir umum.
- Nissan March di luar juga tersedia tipe 1.5L bermesin serupa Livina, HR15DE
- March facelift kemungkinan akan menggunakan transmisi Xtronic CVT seperti standar Nissan sekarang.
bolavita agen resmi terpercaya indonesia!
ReplyDeleteTersedia Taruhan Games Online Terbaik Sabung Ayam | Slot | Casino | Sportsbook
Deposit Hanya Minimal IDR 50.000,- Menangkan Jackpot Ratusan Juta Setiap Hari..
Daftar >> Deposit >> Withdraw Sekarang Juga Di Website www.bolavita88.com
Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
WA: +628122222995
Telegram : @bolavitacc