Model : Honda CR-V 2.4L Auto (RE3)
Production Year : 2010-2012
Price : IDR 391millions (2011 price,new) ; 270-330millions (2012, 2nd hand)
Engine : K24Z1 2354cc Inline-4 DOHC i-VTEC, 170PS (166hp), 22,2kgm (218Nm)
Dimension : 4566x1820x1680
Curb Weight : 1606kg
Transmission : 5-speed A/T with Grade Logic Control
Drivetrain : Front engine- Front wheel drive (FF)
Wheel : 17x6.5 inch, 225/65/17 Bridgestone Dueler H/T
Suspension : McPherson Strut (Front) , Re-Active Link Double Wishbone (Rear)
Safety : G-CON+ACE body, driver & front passenger airbags, VSA, ABS+EBD+BA,Pretensioner Seat Belt, Neck Shock Mitigation seat
Special Features : 2DIN Head Unit Touch Screen, USB ready, Ipod ready, Navigation ready ; Electric 8-way adjuster seat (driver only), Leather Seats, DBW, Dual Zone Climate Control A/C
Review
CR-V generasi ketiga pertama diluncurkan tahun 2007, dengan dua pilihan mesin 2000cc (R20A) dan 2400cc (K24Z). Pada tahun 2010, PT Honda Prospect Motor sebagai APM Resmi Honda meluncurkan versi minor change dari CR-V. Tetap dengan pilihan mesin yang sama, namun dengan tambahan fitur-fitur dan ubahan yang lebih dinamis.
Exterior
CR-V facelift mengalami perubahan pada bagian bumper depan, didesain lebih elegan dan mengurangi dominasi mudguard pada model pre-facelift. Ubahan yang sama terjadi pada bumper belakang yang kini terlihat lebih ramping.
2007 - 2009 (motortrend.com) |
2010-2012(productreview.com.au) |
2007-2009 (netcarshow.com) |
2010-2012 (automotorblog.com) |
Grill juga direvisi, jika dulu didominasi oleh bilah krom tebal, kini berbentuk segaris tipis yang lebih elegan, dan list krom di bawah grill diganti motif honeycomb.
kiri : 2010-2012, kanan : 2007-2009. (autoblog.com) |
Bentuk velg juga mengalami ubahan, jika model lawas menggunakan palang banyak kini diganti palang 5 double-spoke, meski banyak yang lebih menyukai desain lama.
2007-2009 |
2010-2012(originalwheels.com) |
Interior
Pada interior tidak ada ubahan berarti, hanya MID yang berwarna hitam (2007-2009) diganti berwarna biru (2010-2012), Head unit Kenwood 2DIN dengan layar LCD. Selebihnya sama saja. Dasbor masih didominasi warna two-tone hitam dan beige, setir berwarna hitam dengan palang warna silver menambah kesan elegan. Hanya saja, dasbor berdesain bagus tersebut tidak didukung dengan penggunaan material yang baik.
2010-2012 (tokobagus.com) |
2007-2009 (modifikasi.com) |
Behind the Wheel
Selepas membahas segala sesuatu dari luar dan dalam, waktunya pengetesan. CR-V ini dilengkapi dengan mesin seri K24 bertenaga 170PS, sama seperti versi sebelum facelift. Padahal versi negara lain bertenaga 180PS, atau naik 10PS dari model sebelum facelift, mungkin penyesuaian dengan kualitas bahan bakar lokal yang kurang bersahabat dengan mesin. Penyaluran tenaga dilakukan melalui transmisi 5-speed Automatic. Respon transmisinya cukup sigap, tenaga tersalur dengan baik dan cukup merata di setiap putaran mesin. Ada sedikit gejala spin saat kickdown dari posisi berhenti, padahal kondisi VSA menyala. Oh iya, sebagai catatan versi facelift 2010-2012 dilengkapi Vehicle Stability Assist (VSA), peranti semacam kontrol traksi untuk mencegah selip, terutama di jalan licin. Untuk meraih kecepatan 140 kpj pun bukan perkara sulit, bahkan beberapa teman penulis banyak yang menorehkan top speed lebih dari 200 kpj. Top speed yang cukup tinggi, apalagi mengingat mobil ini bergenre SUV Crossover.
Namun satu hal yang cukup extraordinary dari mobil ini adalah handlingnya! SUV Crossover lazimnya memiliki handling yang buruk dan bodyroll yang cukup banyak. Hal ini tidak ditemukan pada CR-V. CR-V dapat menikung pada kecepatan tinggi layaknya sebuah sedan, minim bodyroll, traksi terjaga walaupun dalam kondisi mematikan VSA.
Konsekuensi dari handling mantap tersebut, harus sedikit mengorbankan kenyamanan. Honda CR-V memiliki karakter bantingan yang agak keras, meski pada versi facelift ini dilakukan retuning suspensi untuk memperbaiki kenyamanannya, dan penggantian ban dari Dunlop Grandtrek menjadi Bridgestone Dueler H/T cukup berpengaruh pada kenyamanannya, namun tetap saja, keras. Honda tetap bersikeras mempertahankan handlingnya.
Ergonomika
Urusan space dan tempat penyimpanan, CR-V rajanya. Mobil ini menyajikan ruang kepala dan ruang kaki yang luas, terutama pada baris kedua. Ditambah cup holder dan laci dimana-mana, lalu bagasi dengan double deck sehingga menambah kepraktisannya.
Pros :
- Tenaga mesin
- Handling setara sedan
- Model sedap dipandang
- Kontrol traksi
- Ergonomika kabin dan bagasi
Cons :
- Kenyamanan
- Harga cukup tinggi pada saat baru
- Kualitas audio standar buruk
- Road noise
- Lampu belum HID
- Kualitas bahan interior
Pendapat Pribadi
Saya menggunakan CR-V ini sebagai mobil harian, bagi saya mobil ini cukup mengakomodir segala kebutuhan saya, cukup tahan banting, dan perawatan mudah. Tidak salah saya memilih CR-V sebagai pengganti Honda Civic FD1 saya dulu, karena feelnya tidak jauh berbeda, seperti mengemudikan Civic dengan kolong yang tinggi.
Trivia :
- Selain tipe yang dijual oleh Honda Prospect Motor, pada tahun 2007 juga sempat meluncur tipe CBU (Completely Built Up) yang memiliki kelengkapan hampir sama dengan versi facelift, hanya saja pada CBU dilengkapi sunroof, heater jok, spion pendeteksi blind spot. Dari luar ciri-ciri tipe CBU adalah list panel bodi bagian bawah warna abu-abu dan velg yang lebih sporty. Model CBU ini hadir melalui jalur importir umum tepat beberapa bulan sebelum CR-V generasi ketiga diperkenalkan oleh HPM. Hanya saja karena faktor harga maka versi facelift CBU tidak dijual lagi. Bisa jadi Importir Umum hanya menyediakan kalau saja ada pesanan. FYI, mesin CR-V CBU berkode K24A7, berbeda dengan CKD yang berkode K24Z1, keduanya dengan output sama, 170PS. CR-V generasi ketiga sudah berstatus CKD dirakit di pabrik HPM di Karawang.
- Pada tahun 2012, keluar model facelift lagi, ubahan berupa penggantian grill versi modulo, wood panel pada laci tengah dan laci penumpang, list bodi bawah diwarna abu-abu seperti CBU dan penambahan fitur-fitur serta pada exterior spoiler sudah menjadi standar bawaan tidak seperti model 2010 dan 2011. Model ini keluar pada awal kuartal 2012, sebelum model terbaru diluncurkan (generasi 4 (RM3) ) yang meluncur pada September 2012
No comments:
Post a Comment