2013/01/26

Honda Civic 1.8L


Model : Honda new Civic 1.8L Auto (FD1)
Production Year : 2006-2011
Price : IDR 35x mills (new, 2011 price) - IDR 180 - 290mills (2nd hand)
Engine : R18A 1.798cc inline-4 SOHC i-VTEC 140PS 174Nm
Dimension : 
Curb Weight : 
Transmission : 5-speed A/T with Grade Logic Control
Drivetrain : Front Engine-Front Wheel Drive (FF)
Wheel : 16x6,5inch ; 205/55/16
Suspension : McPherson Strut(Front) ; Double Wishbone (Rear)
Safety : G-CON+ACE Body, Dual SRS Airbags, ABS+EBD+BA, 
Special Features : Mutltiplex Meter Cluster, Paddle Shift


Review

Honda new Civic diluncurkan tahun 2006, dengan ubahan yang cukup banyak dibandingkan pendahulunya, Civic ES atau biasa dikenal Civic VTI-S. Dimensi yang bertambah dan model yang lebih sporty. Civic berkode bodi FD1 ini cukup sukses dalam menarik banyak penggemar Civic.

Exterior
Exterior Honda Civic FD1 ini bisa dibilang sporty, namun beberapa merasa bentuknya elegant. Ya, mungkin faktor dimensi yang gambot sehingga terkesan lebih elegan dibanding model-model sebelumnya. Juga velg sporty 16inch palang 5 yang bentuknya cukup keren.

Exterior Civic FD1 (velg bukan bawaan pabrik)

Interior
Interior Civic FD1 cukup simpel, ya, simpel, namun yang menarik adalah meter cluster bertingkat yang berkesan futuristis. Meski jujur saja, ciri khas Honda dalam penggunaan material..... pelit.... Sangat disayangkan dasbornya hanya bermaterial plastik keras.
Setir

Head Unit Bawaan Pabrik

Meter Cluster

Speedometer Digital

Tuas Transmisi

Behind The Wheel
Duduk di kursi pengemudi, sangat mudah mendapatkan posisi duduk yang pas, kaca depan lebar membuat pandangan ke depan jadi leluasa. Setir mudah dan enak digenggam, tuas transmisi dan handbrake juga mudah diraih. Kini saatnya merasakan performa sesungguhnya dari mobil ini.
Honda membekali Civic dengan mesin R18A SOHC i-VTEC berkapasitas 1.798cc dengan output 140hp.  Tenaga disalurkan melalui transmisi otomatis 5-speed. Respon transmisi cukup halus, tenaga dan torsi tersalur dengan sempurna, mobil pun tidak kekurangan tenaga untuk manuver menyalip. 1 kata yang bisa menggambarkan keasyikan berkendara dengan Civic : lincah! Mobil ini begitu lincah, kombinasi suspensi yang rigid dan tenaga yang cukup terasa menyenangkan dan membuat mobil ini begitu lincah di jalanan perkotaan. Pindahkan tuas ke posisi S dan aktifkan paddle shift, perpindahan gigi akan berlangsung secara manual, dan menambah keasyikan. Setidaknya hal-hal ini membuat kita lupa kalau mobil ini sangat-sangat minim kelengkapan..... yup, minim fitur! Mobil ini tidak memiliki fitur "spesial" kecuali paddle shift dan...... Dashboard multiplex nya...... 
Tentu saja kekurangannya khas seperti mobil Honda yang lain, bantingan keras, konsekuensi dari handling yang mantap. Dan road noise yang masuk ke kabin....

Ergonomika
Honda lagi-lagi berhasil merancang interior sedemikian rupa, kabin dan bagasi mobil ini termasuk lapang, namun sekali lagi, membeli sedan Honda bukan untuk duduk di baris kedua, namun untuk duduk di balik kemudi, karena sekali lagi jika anda hanya menjadi penumpang, mobil ini sangat boring....

Pros
- Mesin responsif
- Pengendalian
- Kelincahan
- Desain timeless
- Kabin lapang
- Dasbor modern
- Paddle shift

Cons
- Kenyamanan
- Minim fitur

Pendapat Pribadi
Saya dulu menggunakan Honda Civic untuk harian. Mobil ini memang banyak yang mengatakan minim fitur, tidak "worth", dll. Ya, memang. Mobil ini hanya untuk orang yang menikmati berkendara sendiri. Menikmati bermanuver di ganasnya lalu lintas perkotaan. Mobil ini memang diperuntukkan bagi para pemuja kecepatan, bukan pemuja fitur. Mobil ini sangat menyenangkan, meski hanya 1800cc dan SOHC namun performanya sangat baik. 

Trivia
- Honda meluncurkan dua varian mesin Civic, 1.800cc (R18A) berkode FD1 dan 2.000cc (K20Z) berkode FD2. Civic 1.800 ada 2 pilihan transmisi, manual dan automatic, sementara 2.000cc hanya Automatic. Meski begitu sempat ditemui di sebuah forum, orang memiliki Civic 2.000cc bertransmisi manual, bisa jadi special order atau edisi terbatas.
- Honda Civic merupakan generasi Civic terakhir di Jepang (JDM Civic), karena Honda lebih memilih fokus ke mobil ramah lingkungan dan mobil kecil, sementara Civic sudah tidak laku, Honda memilih mengakhiri produksi Civic.
- Civic terbaru (generasi ke-9, kode bodi FB) berbasis Civic Amerika, terlihat dari ciri lampunya yang sipit.
- Honda Civic FD memiliki varian kencang, Type R, dan varian yang lebih hardcore, Mugen RR. Civic Type R dan Mugen RR hadir melalui jalur Importir Umum, dimana Civic Mugen RR hanya terdapat kira-kira 3 unit di seluruh Indonesia.
- Honda Civic FD memiliki saudara jauh berbentuk hatchback di Eropa, berkode FN2. Hadir juga dalam versi Type R. Beberapa Civic Type R FN2 juga sempat beredar di Indonesia melalui jalur Importir Umum.
- Civic Type R FD dan FN merupakan Type R bermesin Naturally Aspirated (N/A) terakhir Honda. Mesin K20A Type R sudah tidak bisa memenuhi regulasi uji emisi. Setelah ini dikabarkan Type R hadir dengan sentuhan Forced Induction (Turbo).
- Civic dan CR-V menggunakan 1 platform. Tidak heran karakter pengendalian dari keduanya tidak jauh berbeda.

1 comment: