2013/06/16

Mazda2 Hatchback R A/T





Model : Mazda2 Hatchback R A/T
Production Year : 2009-now
Price : 19x-22xmills (new, 2013 unit), 17x-19x mills (2nd hand, vary by year)
Engine : MZR15 inline-4 DOHC S-VT 103PS 135Nm
Dimension : 3913 x 1695 x 1470 
Curb Weight : 1029kg
Transmission : 4-speed Automatic
Drivetrain : Front Engine-Front Wheel Drive (FF)
Wheel : 16inch, 195/45/16
Suspension : Independent McPherson Strut (Front), Torsion Beam (Rear)
Safety : MAIDAS Body Structure, 2 Airbags, Seat Belts, ABS, EBD, EBA, side impact door beams
Special Features : Projector Headlamps (facelift '12), 2DIN LCD Head Unit

Review
Mazda2 pertama diluncurkan tahun 2009, sebagai langkah awal mazda untuk terjun ke B-segment, bertarung di kelas yang selama ini hanya didominasi oleh 3 merek : Honda dengan Jazz, Toyota dengan Yaris, dan Suzuki dengan Swift, dan sudah lama juga Honda Jazz melenggang seakan tidak ada lawan, akibat Toyota Yaris yang tidak kunjung berganti model, dan Suzuki Swift yang baru tahun ini (2013) berganti model. Mazda2 juga berbagi platform dengan Ford Fiesta, merupakan bagian dari kerjasama Ford dan Mazda. Keberanian Mazda ini disusul oleh pemain lain termasuk saudaranya sendiri, Ford Fiesta yang meluncur pada tahun 2010, Kia All New Rio, Hyundai Grand Avega, Chevrolet New Aveo, dll.
Ramainya persaingan membuat Mazda juga melakukan penyegaran minor pada tahun 2012, meski jujur ubahannya tidak terlalu banyak. Hanya saja Mazda2 facelift terbagi 3 tipe, V sebagai tipe terbawah, R tipe tengah, dan RZ tipe teratas. selain itu juga ada Mazda2 Sports yang merupakan edisi khusus dan CBU Japan.

Exterior
Tampilan Mazda2 terbilang cukup sportif, simpel, dan kompak. Desainer Mazda benar-benar serius dalam membuat mobil ini tampak agresif. Dipadu dengan ban tipis dan velg 16inch yang sporty sehingga mobil ini desainnya tampak begitu dinamis. Sayang pada tipe facelift model velgnya justru terlihat kurang gagah.

Styling agresif Mazda2
(mazda.co.id)
Model facelift
(mazda.co.id)

Interior
Saya tidak terlalu banyak komentar soal interior mazda2.... Cukup sederhana... masuk kategori "cukup" untuk mobil 200jutaan. Yang disayangkan kenapa meter clusternya harus berwarna putih?? Malah terlihat seperti cluster mobil tahun 90an.... Meskipun pada versi facelift sudah berganti dengan warna hitam.... Mungkin karena terlalu banyak dikritik....

Meter cluster berwarna putih seperti mobil keluaran lama
(kaskus.co.id)

Behind the Wheel
Berada di balik kemudi Mazda2, sudah terbayang mobil ini adalah mobil yang menyenangkan..... Terlepas harus melihat meter cluster berwarna putih yang tidak matching dengan keseluruhan warna dasbor..... By the way, mobil tes saya adalah Mazda2 R A/T 2010 berwarna putih. Kondisi pengujian saat itu jalanan agak licin (setelah diguyur hujan) dan mobil diisi 2 orang (saya+sales 1 orang). 
Langsung saja ke performa mesin, didukung mesin MZR15 DOHC S-VT inline-4 yang bertenaga puncak 103PS, memang terhitung kecil dibanding lawan-lawannya, apalagi Honda Jazz RS yang 120PS, namun Mazda pandai bermain di bobot. Bobot Mazda2 Hatchback hanya 1029kg, lebih ringan sekitar 40kg dari Honda Jazz RS, dan rasio gearnya yang cukup rapat membuat mobil ini cukup lincah meliuk di perkotaan. Saya menyukai respon tarikan bawah mobil ini, responnya sangat cepat, didukung feedback setir yang bagus dan ban yang berprofil tipis membantu pengendaliannya, padahal transmisi matiknya hanya 4-speed biasa. Mobil ini sanggup meladeni tantangan saya untuk bermanuver menyalip banyak mobil di rute test drive saya tanpa kekurangan sedikitpun tenaga. Meski harus diakui, untuk urusan top speed mobil ini tidak berbicara banyak karena powernya hanya 103PS dan hanya 4-speed.
Dampak dari ban profil tipis ini tentu saja bantingannya keras.... Profil 45 sudah terbilang sangat tipis untuk ukuran ban bawaan pabrik.

Ergonomika
Kekurangan terbesar Mazda2 Hatchback adalah ruang yang sangat sempit, baik bagasi maupun row 2. Anda yang berpostur tubuh >80kg dan tinggi >170cm akan merasa kesempitan di dalamnya.... Well, meskipun tidak sesempit di dalam Nissan Juke....

Pros
- Respon transmisi cepat
- Fun to drive
- Handling
- Tampilan agresif
- Body kompak

Cons
- Bantingan keras
- Kualitas interior
- Ruang sempit

Pendapat Pribadi
Mazda2 merupakan mobil yang fun to drive, dan cukup sukses sebagai pendatang baru. Mobil ini cocok untuk para speedgoers, karena lincah dan menyenangkan. Sangat disayangkan performance part untuk Mazda2 masih sulit, berbeda dengan Honda Jazz yang performance parts nya berlimpah baik buatan lokal maupun luar negeri.

Trivia
- Mazda2 berbagi chassis dengan Ford Fiesta, hanya saja untuk mesin berbeda, Ford Fiesta menggunakan 1.4L dan 1.6L sementara Mazda2 hanya 1.5L saja
- Mazda2 juga memiliki varian sedan untuk bersaing dengan Honda City dan Toyota Vios
- Mazda2 pada tahun 2008 mendapatkan award bergengsi World Car of The Year
- Mazda2 yang masuk ke Indonesia ini merupakan generasi ketiga. Generasi pertama dan keduanya hanya beredar di beberapa negara, dengan nama "Demio". Nama "Mazda2" sendiri baru digunakan pada generasi ketiga ini, sesuai standar baru penamaan Mazda. Sama seperti saudara-saudaranya Axela/323 "Mazda3" dan Atenza/626 "Mazda6" dll.








1 comment:

  1. vidio ayam sabung Terbesar & Terpercaya Indonesia !
    Taruhan Sabung Ayam S128 - SV388 - CFT2288 (KUNGFU)
    Bonus 10% Deposit Pertama / Cashback 5% - 10%
    Minimal Deposit IDR 50.000,- Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www.bolavita88.com
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    WA: +628122222995

    ReplyDelete