2013/06/24

Volkswagen Golf 1.4 TSI



Model : Volkswagen Golf 1.4 TSI MKVI
Production Year : 2010-now
Price : IDR 357mills (2013, new) ; 260-290mills (2nd, vary by year)
Engine : 1.390cc 4-cylinders inline engine twincharger, 160PS 240Nm
Dimension :  4199x1786x1512
Curb Weight : 1346 kg
Transmission : 7-speed DSG dry-clutch with tiptronic
Drivetrain : Front Engine-Front Wheel Drive (FF)
Wheel : 16inch, 205/55/16
Suspension : Suspension Struts and 3 point wishbone (Front), 4-link axle with independent suspension (rear)
Safety : 11 airbags, seat belts, ABS, EBD, HBA, EBC, TCS, EDL, ISOFIX, rain sensor, crumple zone, Side door impact beam
Special Features : RCD 310 Radio CD/ MP3 Player with 8 speakers, AUX in

Review
Golf adalah salah satu produk legendaris Volkswagen selain Beetle. VW Golf dari dulu terkenal sebagai hot-hatchback yang kencang dan menyenangkan, juga mendapatkan penghargaan dimana-mana, terutama trim kencang GTI. Golf TSI yang masuk ke Indonesia merupakan generasi keenam (Mark 6), dimana juga merupakan titik awal perkenalan teknologi TSI (Twin-Stratified Injection) ke masyarakat Indonesia, dan juga merupakan Golf versi "ekonomis" dengan harga tidak sampai 400juta. Dapur pacunya memiliki kapasitas yang kecil, hanya 1400cc, namun dengan teknologi TSI, yang menggabungkan Supercharge dengan Turbocharge, tenaganya bahkan menyamai mesin 2000cc. Berkat cc kecil ini juga harganya bisa ditekan hingga tidak sampai 400juta. Teknologi terbaru VW ini diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, terbukti dengan banyaknya populasi Golf TSI.

Exterior
Pada exterior Golf TSI, anda tidak akan menemukan tampilan sangar seperti GTI. Tampilannya cukup simpel seperti hatchback biasa, tapi cukup cantik dan tidak membosankan. Garis body nya masih memiliki kesamaan dengan generasi lawas (Mark V).
Exterior Golf TSI
(autowp.ru)
Interior
Interior Golf TSI didominasi warna hitam, kental aura sporty, dibalut material berkualitas khas mobil-mobil Eropa. Yang menarik di MID nya ada semacam service reminder, cukup menarik..... Apalagi mobil berteknologi tinggi memang butuh seperti ini agar pemiliknya tidak lalai
Interior Golf TSI
(commons.wikimedia.org)

Behind the Wheel
Berada di balik kemudi VW Golf TSI, hatchback ini memiliki posisi mengemudi yang nyaman, dan pandangan ke depan yang luas dan minim blindspot, anda tidak akan merasa mengemudikan sebuah hatchback dengan panjang 4,1 meter dan lebar 1,7meter. Mobil ini sangat mengerti kebutuhan pengemudi antusias. Spion juga cukup leluasa melihat objek di belakang, sayangnya unit test yang saya gunakan spion kirinya pecah, dan sparepart belum datang, sehingga mau tidak mau saya mengemudi hanya dengan 1 spion saja, karena spion kiri pecah objek jadi tidak jelas.
Nyalakan mesin, mesinnya halus, sangat halus dan senyap, suaranya bahkan hampir tidak terdengar di dalam kabin. Pijak gas sedikit, lho kok agak menyendat? Mungkin ini akibat penggunaan DSG yang memang startupnya agak tersendat. Efek menyendat ini juga efek dari 7-speednya yang punya rasio pendek. Namun sisi positifnya, mobil ini cenderung aman dikemudikan oleh orang yang baru belajar mengemudi sekalipun. Keluar dari dealer, saya menginjak gas agak dalam, spontan tubuh saya terdorong ke belakang. Sentakan turbonya begitu kuat dari putaran 2000 RPM. Mobil ini begitu menyenangkan dikendarai meliuk-liuk di dalam kota, berkat supercharger dan turbocharger, tenaga mobil ini seakan tidak ada habisnya. Mobil ini sangat addicting. Saya iseng mencoba akselerasi mobil ini dengan mode tiptronic, saya mencari jalanan sepi, dan mencoba akselerasi dari nol. Tuas pada posisi S, dan saya injak gas dalam. Ban mobil ini pun berdecit dengan keras, dan mobil meluncur dari nol sampai 120 kph dengan sekejap mata saja. Salesperson yang mendampingi saya sempat merekam dan akselerasi nol sampai 100 kph ditempuh lebih cepat dari klaim pabrik yang menyebutkan 8 detik, nyatanya saya mencoba tidak sampai 8 detik, lebih tepatnya sekitar 7 detik, dan hebatnya mobil berisi 3 orang pria dengan berat rata-rata, ditambah mobil sudah berusia 2 tahun (salesperson mengatakan mobil test ini merupakan unit 2011). Bisa dibayangkan bagaimana jika mobil ini dalam kondisi baru dan tidak ada siapapun kecuali pengemudi. 
Pengendalian mobil ini pun begitu stabil, roda kemudi juga mengikuti kemauan pengemudi secara total. Mobil ini cukup lincah diajak bermanuver, gerakan setir dan roda sinkron, menambah unsur fun to drive dari mobil ini. Bahkan kestabilan ini juga tidak mengorbankan kenyamanan. Shock cukup baik meredam guncangan.
1 hal yang saya cukup kagum dengan Volkswagen, faktor keamanan begitu diperhatikan. Meski mobil ini kencang, tapi begitu tuas masuk di D dan anda belum menginjak pedal gas, ia tidak akan langsung "menggelinding", mobil ini memberi jeda kurang lebih 1-2detik baru ia akan "menggelinding". 1-2 detik ini cukup membantu pengemudi yang kondisi kesehatannya kurang baik atau mengantuk, bahkan orang yang tidak terbiasa dengan transmisi matik. Berbeda dengan mobil-mobil bertransmisi matik yang biasanya ketika tuas sudah masuk di D ia akan langsung menggelinding bahkan sebelum diinjak pedal gasnya.

Ergonomika
Sebagai medium hatchback, Golf punya ruang yang cukup untuk baik penumpang maupun barang. Bagasinya pun luas untuk ukurannya yang dari luar terlihat kecil.

Pros
- Fun to drive
- Performa
- Bantingan lembut
- Value for money
- Safety
- Teknologi canggih
- Kabin cukup lapang
- Pajak murah (1400cc)

Cons
- Wajib menggunakan BBM oktan tinggi (minimal RON92, namun disarankan RON95)
- Model kurang sporty
- Akan berganti model
- Beberapa fitur penunjang kemewahan kurang (electric seat adjuster, head unit multimedia, navigasi, dll)

Pendapat Pribadi
Ada 3 kata yang dapat menggambarkan mobil ini : Fast, Fun, Value. Mobil ini kencang sekaligus fun to drive, ditambah harganya yang cukup bersahabat, dan pajak yang rendah karena 1400cc. Bayangkan dengan harga tidak sampai 400juta anda mendapatkan sebuah hatchback legendaris keluaran pabrikan besar Eropa yang sudah malang-melintang di dunia otomotif, dan akselerasi 0-100 kph hanya 7-8 detik saja. Mobil ini cocok dibawa siapa saja, pria mapan yang sudah berkeluarga, ibu rumah tangga, remaja pria maupun wanita. Untuk pecinta kecepatan, opsi chip-up menjadi pilihan paling tepat. Dengan hanya upgrade software saja, tambahan tenaga bisa mencapai 50PS. Akan lebih optimal lagi apabila ditambah upgrade exhaust system aftermarket yang sudah tersedia banyak untuk VW Golf.

Trivia
- Ada 5 mobil Volkswagen yang dijual di Indonesia menggunakan mesin sama : Polo, Golf TSI, Touran TSI, Scirocco TSI, dan Tiguan TSI. Untuk Polo ia menggunakan unit serupa hanya saja tanpa imbuhan TSI, sehingga outputnya juga tidak sebesar saudara-saudaranya yang lain.
- Golf juga memiliki "bentuk" selain hatchback 5-pintu : station wagon (Golf Variant), sedan 4-pintu (Jetta), Cabriolet, dan hatchback 3-pintu. Untuk Golf hatchback, ada trim TSI, GTI, R.
- Mesin TSI 2 kali mendapat penghargaan "International Engine of The Year" pada tahun 2009-2010, dan "1.0 to 1.4litre" berturut-turut pada tahun 2006-2013

No comments:

Post a Comment